Little Mosque on the Prairie

Maret 9, 2007

Di negeri tanpa Warteg yang terkadang super dingin ini, ada acara TV yang namanya Little Mosque on the Prairie berupa sitkom tentang komunitas Muslim di kota kecil bernama Mercy. Tokoh-tokoh dalam sitkom ini bervariasi, mulai dari seorang pria Muslim yang konservatif abis tapi nggak sampai hati buat maksa anak perempuannya yang baru akil balig buat pake jilbab, sampe dengan seorang perempuan muallaf yang berhati baik tapi cuma sholat kalo ditantang.

Menurut gue sitkom ini lucu abis. Lebih lucu dibanding sama sitkom lokal lainnya. Tapi ya gitu deh. Komunitas Muslim di sini banyak yang nggak suka karena menurut mereka sitkom ini nggak menggambarkan potret Muslim yang ideal. Abis gimana dong. Namanya juga acara hiburan, bukan acara dakwah. Lagipula, kalo mau jujur, nggak semua Muslim berperilaku ideal ‘kan? Kalo dibandingin sama sinetron Ramadhan di Indonesia, sitkom ini terus terang lebih realistik dan lebih masuk di hati. Nggak ada tuh yang namanya gampar-gamparan atau tokoh antagonis yang super jahat.

Yang paling gue suka dari sitkom ini adalah, bukan saja orang Muslim digambarkan seperti orang biasa dengan berbagai masalah yang dialami semua orang tanpa pandang agama, tapi mereka juga menunjukkan berbagai tindak diskriminasi yang terkadang dialami seorang Muslim di dunia Barat. Yang terakhir ini memang termasuk topik yang berat, tapi karena disampaikan secara humoris, bahkan seorang Muslim pun bisa ikut tertawa.

Kalo elo punya koneksi internet yang lumayan cepat, bisa coba download sitkom ini lewat bit torrent. Nggak rugi deh! Tapi kalo elo tinggal di negeri tanpa Warteg, bisa nonton sitkom ini setiap Rabu malam jam 8 di CBC.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s