Resep Pempek Palembang paling gampang

Maret 11, 2007

Bahan-bahan:

  • Ikan laut apa aja asal dagingnya putih, masih mentah, dan setengah beku (jangan dibekuin sampe keras kayak es batu)
  • Tepung sagu atau tapioka
  • Tepung terigu
  • Telor satu biji
  • Bawang putih bubuk secukupnya
  • Garam secukupnya

Cara pembuatan:

  • Haluskan daging ikan pake food processor
  • Masukin telor, bawang putih bubuk dan garam ke adonan ikan dan aduk rata pake garpu
  • Masukin tepung sagu dan diulenin pake tangan sampe adonan nggak lengket
  • Masukin dua sendok makan tepung terigu dan diulenin lagi sampe kalis
  • Bentuk lonjong-lonjong
  • Siapin panci, isi dengan air dan sedikit minyak goreng lalu rebus sampe mendidih
  • Cemplungin pempek ke dalam air mendidih dan rebus sampe ngambang
  • Kalo udah ngambang berarti pempek udah mateng dan bisa digoreng
  • Goreng sampe kecoklatan
  • Potong-potong dan hidangkan pake kuah cuko, irisan timun, dan bubuk ebi

Cara bikin kuah cuko:

  • Campur asem jawa, gula merah, sambel ulek, bawang putih bubuk, bubuk ebi, garam, dan air (banyaknya dikira-kira aja)
  • Rebus sampe mendidih
  • Jadi deh!

Gue nggak jago-jago amat masak tapi udah berhasil bikin pempek beberapa kali. Kalo gue bisa, elo pasti bisa juga deh! Selamat mencoba.

Iklan

6 Responses to “Resep Pempek Palembang paling gampang”

  1. Dini Says:

    ha ha ha .. SALUUUUUTTTT…. dah brapa masakan yang jadi jagoan loe …. pake bumbu andalan lagi gak ….

  2. firda Says:

    Gue nggak pake bumbu andalan. Rasanya harus beda! Nggak kayak masakan sini. Rasanya semua sama dan harus pake roti.

  3. ratna Says:

    hebaat!!! makasih ya resepnya

  4. ahyar Says:

    tq, resepnya, isteriku suka sekali pempek. salam

  5. tio Says:

    Mba makasih atas resepnya tapi jadi binggung neh kok nga ada takaran and ukuran yang pasti
    berapa sagu nya, ikannya,and tepung terigunya

    terima kasih

  6. orizasativa Says:

    Good good good ini wong kito ye? salut deh. Emang kalo dasar plg bkn rspnya jg gaya plg bgt. Gak ada takeran dikiro2, pasti jadi. Tsrh deh apanya yg mo dibykin, entah tpungnya ato ikannya asal bkn yg lain yg dibykin semisl airnya, tlrnya atawa b putihnya, he he. Lam knl ya..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s