Kering Tempe Oke

Maret 20, 2007

Hari ini gue lagi males masak (padahal setiap hari gue males masak hehe….) terus inget kalo di lemari es ada satu blok tempe nganggur. Tadinya mau bikin tempe mendoan lagi tapi tiba-tiba keingetan sama kering tempe buatan Mama. Gue cari aja resepnya di Internet dan keliatannya nggak susah-susah amat, jadi gue bela-belain masak dan hasilnya lumayan oke! Ini resepnya yang udah gue modifikasi, secara gue nggak pernah masak yang bener-bener ngikutin resep.  Maklum, gue tipe ngeyel.

Bahan-bahan:

  • 1 blok tempe, potong korek api dan goreng dalam minyak panas yang banyak sampe kering dan kecoklatan
  • 5 siung bawang merah, iris halus
  • 3 siung bawang putih, iris halus
  • 3 cabe rawit merah besar, dibuang bijinya trus dipotong tipis-tipis
  • 1 sendok teh bubuk lengkuas
  • 1 sendok teh asem jawa
  • 2 sendok makan gula pasir
  • garam secukupnya
  • minyak goreng secukupnya
  • 75 ml air

Cara pembuatan:

  •  Goreng bawang merah, bawang putih, dan irisan cabe rawit sampe kering dan kecoklatan.
  • Masukin bubuk lengkuas dan asem jawa lalu aduk rata.
  • Masukin air, gula, dan garam.
  • Tunggu sampe mendidih dan mengental.
  • Masukin tempe goreng dan aduk sampe bumbunya nempel rata di permukaan tempe.
  • Angkat dan hidangkan.

Kering tempe gue rasanya emang nggak seenak yang buatan Mama tapi nggak kalah deh sama buatan Warteg! Kalo nggak percaya, coba aja bikin sendiri. :)

Iklan

4 Responses to “Kering Tempe Oke”

  1. Dini Says:

    bumbunya kurang daun salam…. terus lebih enang klo tempenya dipotong agak lebar sedikit… tapi masih lebih enak kering kentang …. lebih kriuuukkk …. hehehe …. pa kabar Bek … gak sengaja nemuin ini ….

  2. firda Says:

    Di sini kagak ada yang jual daun salam versi Indonesia. Ada juga daun salam bay leaves tapi kayaknya beda tuh. Kalo tempenya lebar, kagak garing dong?

  3. Dini Says:

    jangan tebel atuh… bikin 2×2 cm…. jadi bisa garing juga … tapi tergantung tempenya juga sich … biar tipis bisa juga gak kriukk …. yang penting good luck lah …

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s