Kering Tempe Oke

Maret 20, 2007

Hari ini gue lagi males masak (padahal setiap hari gue males masak hehe….) terus inget kalo di lemari es ada satu blok tempe nganggur. Tadinya mau bikin tempe mendoan lagi tapi tiba-tiba keingetan sama kering tempe buatan Mama. Gue cari aja resepnya di Internet dan keliatannya nggak susah-susah amat, jadi gue bela-belain masak dan hasilnya lumayan oke! Ini resepnya yang udah gue modifikasi, secara gue nggak pernah masak yang bener-bener ngikutin resep.¬† Maklum, gue tipe ngeyel.

Bahan-bahan:

  • 1 blok tempe, potong korek api dan goreng dalam minyak panas yang banyak sampe kering dan kecoklatan
  • 5 siung bawang merah, iris halus
  • 3 siung bawang putih, iris halus
  • 3 cabe rawit merah besar, dibuang bijinya trus dipotong tipis-tipis
  • 1 sendok teh bubuk lengkuas
  • 1 sendok teh asem jawa
  • 2 sendok makan gula pasir
  • garam secukupnya
  • minyak goreng secukupnya
  • 75 ml air

Cara pembuatan:

  • ¬†Goreng bawang merah, bawang putih, dan irisan cabe rawit sampe kering dan kecoklatan.
  • Masukin bubuk lengkuas dan asem jawa lalu aduk rata.
  • Masukin air, gula, dan garam.
  • Tunggu sampe mendidih dan mengental.
  • Masukin tempe goreng dan aduk sampe bumbunya nempel rata di permukaan tempe.
  • Angkat dan hidangkan.

Kering tempe gue rasanya emang nggak seenak yang buatan Mama tapi nggak kalah deh sama buatan Warteg! Kalo nggak percaya, coba aja bikin sendiri. :)

Bahan-bahan:

  • Ikan laut apa aja asal dagingnya putih, masih mentah, dan setengah beku (jangan dibekuin sampe keras kayak es batu)
  • Tepung sagu atau tapioka
  • Tepung terigu
  • Telor satu biji
  • Bawang putih bubuk secukupnya
  • Garam secukupnya

Cara pembuatan:

  • Haluskan daging ikan pake food processor
  • Masukin telor, bawang putih bubuk dan garam ke adonan ikan dan aduk rata pake garpu
  • Masukin tepung sagu dan diulenin pake tangan sampe adonan nggak lengket
  • Masukin dua sendok makan tepung terigu dan diulenin lagi sampe kalis
  • Bentuk lonjong-lonjong
  • Siapin panci, isi dengan air dan sedikit minyak goreng lalu rebus sampe mendidih
  • Cemplungin pempek ke dalam air mendidih dan rebus sampe ngambang
  • Kalo udah ngambang berarti pempek udah mateng dan bisa digoreng
  • Goreng sampe kecoklatan
  • Potong-potong dan hidangkan pake kuah cuko, irisan timun, dan bubuk ebi

Cara bikin kuah cuko:

  • Campur asem jawa, gula merah, sambel ulek, bawang putih bubuk, bubuk ebi, garam, dan air (banyaknya dikira-kira aja)
  • Rebus sampe mendidih
  • Jadi deh!

Gue nggak jago-jago amat masak tapi udah berhasil bikin pempek beberapa kali. Kalo gue bisa, elo pasti bisa juga deh! Selamat mencoba.